Inilah Cara Dapatkan Pulsa Listrik Gratis (Kompensasi) dari PLN

Gold-Pulsa.Com ~ Baru-baru ini masyarakat dihebohkan beredar kabar mengenai isu pemberian bonus listrik bagi pelanggan listrik prabayar PT PLN (Persero).


Kepala Divisi Niaga PLN Beny Marbun menjelaskan, bonus yang dimaksud adalah kompensasi yang diberikan ke pelanggan listrik PLN ketika tingkat mutu pelayanan (TMP) tidak tercapai. Tak hanya diberikan ke pelanggan prabayar tapi pascabayar.

Menurut dia, tingkat mutu pelayanan PLN tersebut diukur dari beberapa indikator, antara lain jumlah gangguan per pelanggan per bulan dan lama gangguan per pelanggan per bulan.

Tidak Semua Pelanggan Dapat Listrik Gratis

Listrik gratis tersebut diberikan kepada pelanggan pasca bayar maupun prabayar. Untuk pasca bayar, kompensasi diberikan dengan pemotongan tagihan bulan berikutnya. Sedangkan untuk listrik prabayar, ada mekanisme khusus untuk mendapatkan pulsa listrik gratis dari PLN.
Kabar buruknya, meskipun PLN menyatakan bahwa semua pelanggan dapat menikmatinya tapi kenyataannya tidak. Berdasarkan pengalaman dengan memasukkan beberapa nomor meteran / ID pelanggan, hanya pengguna dengan daya di atas 1300 watt yang mendapatkannya.

Lalu Bagaimana Cara Dapatkan Pulsa Listrik Gratis dari PLN ?
Cukup masuk ke website PLN yaitu http://layanan.pln.co.id/infoprepaid
Setelah masuk ke website PLN, Masukkan nomor meteran listrik atau ID pelanggan Anda para kolom paling atas yang telah disediakan. Kolom di bawahnya belum aktif sebelum Anda memasukkan customer ID.Maka akan tersedia fasilitas online bagi konsumen untuk mengetahui token listrik yang sudah pernah dibeli konsumen.

"Nah, di bagian bawah, ada info token yang bukan karena pembelian oleh konsumen (ditulis: non taglis atau non tagihan listrik). Info inilah yang dimaksud si penyebar informasi itu. Info ini bukan rahasia, bahkan memang info ini disiapkan PLN bagi konsumen,.
fasilitas website ini disediakan PLN untuk memudahkan konsumen untuk mengetahui riwayat pembelian tokennya.

Ada 2 bagian:

1. Bagian atas: riwayat pembelian token,
2. Bagian bawah: riwayat token non taglis.

Kalau pernah beli token, lalu hilang sebelum diinput ke meter, maka konsumen bisa cek lewat website atau bertanya ke Contact Center 123.

Bagian info token non taglis umumnya disediakan untuk menginformasikan angka token bila konsumen prabayar mendapat kompensasi atas buruknya pelayanan PLN.

Pelayanan PLN diukur dari beberapa indikator, antara lain jumlah gangguan per pelanggan per bulan dan lama gangguan per pelanggan per bulan.

Bila realisasi pelayanan yg dirasakan pelanggan lebih buruk dari tingkat mutu pelayanan yang dijanjikan PLN, maka pelanggan itu mendapat kompensasi sekian rupiah yang dikonversi menjadi sekian kWh. Nah kWh ini akan muncul di struk kalau pelanggan membeli token berikutnya.

"Kalau pelanggan terlupa token kompensasi TMP ini, jangan khawatir, bisa dilihat melalui website PLN .

NILAI KOMPENSASI
Menurut Manajer Senior Public Relations PLN, Agung Murdifi, kompensasi diberikan PLN diberikan ke pelanggan yang TMP melebihi deklarasi TMP yang dibuat PLN dan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan.

Kompensasi tersebut berupa:

- pelanggan pascabayar maksimal sebesar 20 persen dari rekening minimum sebulan.

- pelanggan prabayar bentuknya stroom/token tambahan non tunai tersebut yang besarnya 20 persen dari rekening minimum.

Begini perhitungannya:

Rekening Minimum= 1.300 VA x 40 jam= 52 kWh.
Kompensasi TMP sebesar 20 persen dari rekening minimum. Berarti: 20% x 52 kWh= 10,4 kWh atau setara dengan 10,4 kWh x Rp 1.496 per kWh= Rp 15.558.